Dari Solo Dimulai, Kamarin Mahasiswa Turun ke Jalan Tuntut Jokowi Mundur


 
 
SOLO - BEM Seluruh Indonesia sudah memaklumatkan Aksi 121 Bela Rakyat yang akan digelar serentak pada 12 Januari 2017 besok.

Namun, di Solo tempat asal Presiden Jokowi, hari ini (9/1/2017) mahasiswa sudah bergerak dan turun ke jalan menuntut Jokowi mundur.

Seperti dilansir merdeka.com, ratusan mahasiswa berunjuk rasa di depan Balai Kota, Solo. Mereka menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mundur dari jabatannya lantaran tak membuat program pro rakyat seperti yang digadang-gadangkan saat kampanye.

Demo tersebut berlangsung ricuh. Pantauan merdeka.com, ratusan mahasiswa tiba di depan Balai Kota Solo sekitar pukul 11.00 Wib. Massa yang membentuk lingkaran membuat Jalan jenderal Sudirman tidak bisa dilalui kendaraan, puas berorasi mereka lantas membakar ban.

Peristiwa pembakaran ban mendapat peringatan dari kepolisian yang mengamankan aksi unjuk rasa. Melalui pengeras suara mereka meminta api dipadamkan. Namun, mahasiswa tetap bergeming dan tidak mau memadamkan api yang sudah mengeluarkan asap membumbung. Sejumlah aparat pun merangsek masuk ke arah kerumunan
mahasiswa untuk memadamkan api. Namun para mahasiswa menghadang. Aksi saling dorong selama 10 menit tak dapat dihindari.





"Pembakaran ban memang tidak diperbolehkan. Karena mengganggu kepentingan umum, kita minta untuk dimatikan. Karena tidak dimatikan makanya kita turunkan anggota untuk memadamkan api," ujar Kapolresta Solo, Kombes Pol Ahmad Luthfi di lokasi, Senin (9/1).

Usai pembakaran ban puluhan mahasiswa masih terlibat aksi dorong dengan polisi dan Satpol PP. Namun Kapolresata memerintahkan anggotanya untuk mundur, sambil menutup gerbang balai kota. Mahasiswa yang pada awalnya akan menyegel dan memasuki balai kota pun harus mengurungkan niatnya.

Kendati demikian, para mahasiswa masih terus berorasi. Tak hanya menyampaikan 5 tuntutan seperti sebelumnya.

Sumber: merdeka.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dari Solo Dimulai, Kamarin Mahasiswa Turun ke Jalan Tuntut Jokowi Mundur"

Posting Komentar